Tuesday 1 December 2009

Sumenep

seperti janji saya kemaren, di postingan kali ini saya mau cerita tentang Sumenep.
well, kemaren (tanggal 25 November) saya berkunjung ke pabrik nasabah di Sumenep. (pasti pada gak nyangka deh kalo di sumenep bisa ada pabrik..)
perjalanan kesana itu.. makan waktu sekitar 4 jam (thanx to suramadu) dulu sebelum ada Suramadu, kesana bisa 6 jam baru nyampe.. ato bahkan lebih.

nyenengin banget lho berkunjung kesana,
1. kita bisa lewat jembatan suramadu,, ini jembatan terpanjang se- apa ya? mm.. yg pasti se Indonesia,, tapi if i'm not mistaken (cmiiw) kayaknya terpanjang se Asia Tenggara deh. jembatannya bagus.
2. sepanjang jalan kita bisa liat pepohonan dan pantai. pepohonannya rindang banget, dan pantainya bersih banget.
3. sepanjang jalan juga banyak ngelewatin masjid, hampir semua masjid itu bagus & megah. nyaman banget liatnya..
4. banyak orang jual buah2an segar. beneran segar, dan keliatannya bebas pestisida dan berbagai chemical lainnya.
5. gak banyak kemacetan. yah sometimes trafficnya agak ruwet dikit kalo pas lewat pasar, but that's fine lah, masih bisa ditolerir kog. trafficnya gak bikin stres.
6. dingin. ok, mungkin ini kebetulan, 2 kali saya ngadakan kunjungan pabrik kesana, selalu suasananya pas dingin, padahal banyak yg bilang kalo madura itu panasnya 11-12 ma surabaya. alhamdulillah deh kalo tiap saya kesana gak ngerasain kepanasan.
7. n many more.. tapi sepertinya ini yg paling penting: kalo saya berkunjung ke Sumenep, itu berarti seharian saya ada di luar kantor, hurrayy.. holiday holiday.. ;p

Jadi.. perjalanan ke Sumenep kemaren itu urut2annya begini:
1. Berangkat dari kantor jam 7.30.
Perjalanan makan waktu sekitar 3,5 - 4 jam. Di sepanjang jalan kami banyak ngelewatin pasar. nyenengin deh, di pasar itu banyaak banget dijual camilan, such as mente (kacang mede), emping teki (emping yg dibikin dari RUMPUT TEKI), rambak ikan, dan masih banyak lagi yg lainnya. huaaahh.. pengen mampir turun beli borong semuanyaa.. hehehe
Tapi karna tujuan utamanya adalah kunjungan pabrik, jadi belanjanya ntar2 aja ya buu.. :(
2. Nyampe lokasi pabrik di Sumenep jam 11.00. Hujan gede bo.. makin adem aja.. hihi.. kunjungan pabrik yg biasanya sumuk (gerah, in boso jowo), sekarang jadi menyenangkan dan adem ayem,, hmm..
3. Lunch jam 12.30-an, di "resto" (resto? mm sebenernya lebih mirip warung yg agak luas sih ;p). disana menunya terbatas banget, semua bau daging merah (sapi, kambing, dan kawan2),, waduh, saya kan gak bisa makan daging merah.. hiks,, waktu saya udah hampir pesen nasi sambel pake krupuk aja, ehh ternyata ada satu menu nyempil dibawah: Nasi Kare Ayam. yess,, i choose this one maam
Gak lama setelah pemesanan, makanan2 kami datang (cepet juga ya, kira2 SLA nya brapa nih warung? hehe, senangnyaa). Kare ayamnya enaaakkk banget lhoohh!!! omigod omigod,, beneran deh, mirip kare ayam bikinan mami saya! nyemm nyemm.. yummy..
Di warung itu kebetulan juga jualan snack oleh2, jadi boronglah kita sekalian disitu,, berbagai oleh2 bwt teman2 kantor,, :)
4. Perjalanan balik pulang ke Jawa, sekitar jam 2 an.
eh iya, krn udah jam 2, jadi kami mampir sholat Dhuhur - Ashar dulu di Masjid Raya Sumenep. Gedungnya gede, bagus banget, gedung tua yg megah gitu,, dan bersih. sempet foto2 bentar di depannya. cantiknyoo..
5. perjalanan pulang beneran.
sempet mampir pinggir jalan bentar buat beli jambu aer.

oh ya, yg beli jambu aer itu ada ceritanya juga lho: jadi kan waktu di jalan -seperti biasa- saya bobo pules di mobil. eh tau2 saya kebangun gara2 mobilnya mendadak brenti. ternyata boss saya pengen beli jambu aer di pinggir jalan.
yasudlah, karna dah kadung bangun, ya saya ikutan turun ajah. ternyata si boss dah nyicipin jambunya. (saya sih ogah nyicipin, di pinggir jalan gitu, blon dicuci pula. males de)
boss: berapa ini?
penjual 1: ini satu gundukan 15ribu.
boss: saya beli 2 gunduk, 10ribuan ya.
penjual 1: mm.. ya udah deh, tapi beli yg lain juga donk pak..
penjual 2: iya pak, beli punya saya juga donk, ini saya ada 3 gunduk.
boss : nggak, kebanyakan. udah ya. (boss langsung bayar, ambil jambunya, trus balik ke mobil. sementara saya masih bengong di situ. maklum, baru bangun tidur, hehe)
penjual 1 & 2: ya bu ya, dibeli ini bu, sekalian.
saya : 3 gunduk ini? berapaan?
penjual 2: iya, ini 3 gunduk punya saya, satu gunduk 10ribu aja.
saya : 2 gunduk 10ribu boleh?
penjual 2: yah jangan bu. kalo beli 3 boleh deh, 15 ribu.
saya : ya udah. buruan.

hehe.. jadi deh saya beli jambu tanpa diicip dulu dan dengan harga setengahnya harga jambu si boss. padahal jambunya sama aja. misuh2 lah si boss.. hehehe sori boss, kami para wanita memang punya bakat menawar yg besar, bahkan disaat kami gak niat2 amat untuk nawar.. hihi

jambu 3 gunduk itu banyak lho. punya saya, yg 1 gunduk saya kasih ke driver, yg 2 gunduk saya bawa pulang buat mami saya yg emang doyan jambu. sedangkan boss saya, jambunya 2 gunduk cukup buat ngasih makan orang sekantor. banyak kan..

yah begitulah pengalaman menyenangkan ke Sumenep. seneng kalo berkunjung ke sana....
seneng seneng.. :) :))
...
mmm.. *mikir-mikir*
berkunjung aja lho ya.....
...
bukan menetap.. (haduh, kalo untuk menetap sih no place like Surabaya my hometown lah ;p)

No comments: