Saturday 5 December 2009

keberanian vs kemampuan

mana yg lebih baik: a)orang yg tidak mampu tapi berani, atau b)orang yg mampu tapi tidak berani?

contoh kasusnya begini:
a) orang yg tidak mampu tapi berani.
Ada seorang bayi yg belum mampu jalan sendiri (yaeyalah namanya juga bayi), tapi dia sudah bisa berdiri dan merangkak. dia pengen jalan seperti orang2 lain yg ada di sekitarnya. nekatlah dia. bediri, ngelangkahin kaki, jatoh. bediri lagi, ngelangkahin kaki lagi, jatoh lagi. begitu seterusnya. dia udah bertekad dalam hati, pokoknya gue harus bisa jalan, biar jatoh2an dulu gak papah, gue gak takut.

b) orang yg mampu tapi tidak berani.
Ada seorang dewasa yang baru punya mobil dan baru lulus les nyetir. dia dinyatakan MAMPU nyetir mobil sendiri. dan memang dia udah bisa. tapi.. tiap mau keluar rumah, dia selalu ragu2. takut macet, takut tanjakan, takut pengendara motor yg liar, takut keserempet angkot, takut nabrak penyebrang jalan, n many more.. akhirnya dia tetep gak berani setir sendiri itu mobil, dan lebih pilih hire seorang driver utk nyopirin dia kemana2.

apa yg selanjutnya terjadi pada bayi dan orang dewasa diatas?
si bayi, setelah babak belur dan benjut dimana2 akibat sering jatoh, akhirnya bisa jalan sendiri dan bahkan bisa menang lomba lari lawan kakaknya (ciye.. lebay ;p).
sedangkan si orang dewasa, walopun dia udah ngabisin banyak waktu, tenaga, dan uang untuk belajar dan bisa nyetir mobil, akhirnya malah jadi gak bisa nyetir lagi, gara2 kemana2 selalu pake driver.

so, which one is better?
si bayi di case a) tentunya.

itu tadi sebagian materi yg saya dapat dari training motivasi di kantor hari ini -dengan sedikit perubahan seperlunya dari saya.
training motivasi yg sangat bagus, oleh Andreas Hartono, orangnya masih muda, mukanya mirip bintang pelem cina, dan gaya ngomongnya ngingetin saya sama pendeta yg ada di penyegaran rohani di salah satu stasiun TV, kalo gak salah RCTI, itu lho yg suka ngomong pake kata "saudara-saudara sekalian.."

setelah dapet materi diatas, saya jadi kepikiran: kalo gitu, kenapa saya masih gak berani juga bawa motor sendiri ke kantor??? kenapa kenapa kenapa? saya bisa nyetir motor sendiri, motor juga ada, SIM lengkap, dan butuh juga buat transport sehari2, daripada saya bawa mobil Kijang Krista yg segede itu buat saya naikin sendirian ke kantor tiap hari, bisa2 saya diprotes aktivis grinpis gara2 boros BBM yg jumlahnya udah makin nipis ini.

ok, bulatkan tekad, (mudah2an udah gak goyah lagi) besok bawa tuh motor ke bengkel utk tune up total, trus benerin accu nya (dah mau abis kayaknya), trus cek tekanan ban, trus pasang spion kirinya supaya comply the rules, trus bawa ke pencucian motor utk dicuci secara lengkap dan menyeluruh (kalo gak sempet, ato antriannya kepanjangan, bisa juga cuci sendiri di rumah).
dan mulai Senin, saya siap untuk bermotor ria ke kantor.

doakan saya yaaa... :)

No comments: