Thursday 7 November 2013

Not That Simple, Dear

Setelah mengalami apa yg sudah aku ceritakan di postingan ini, aku dan suami memutuskan untuk segera eksyen sebelum efek setrumannya hilang :D

Jadi hari Selasa tgl 5 kemaren, kan libur tahun baru Hijriah tuh, jadilah kami pergi ke suatu tempat untuk kulakan barang dagangan. Ehm, tepatnya yg kulakan suamiku sih, aku nunggu di mobil aja sambil liat2 progress pembangunan rumah kami yg letaknya ga jauh dari situ, sama si kakak, soalnya takut rempong dan capek kalo si kakak ikut turun kulakan.

Keren ya, suamiku, mau dan bisa kulakan sendiri. Padahal barang dagangannya itu girl stuff banget lho,, hihihi..

Trus tadinya kan aku pikir, ah simple aja, habis kulakan, difoto2, udah deh, jual via FB, twitter, tokobagus, beres.

Ternyata ga sesimple itu juga sih.

Setelah barangnya nyampe rumah, masih harus:
- Mengukur dimensi / ukuran barang
- Memberi deskripsi singkat
- Mengganti label harga
- Mengemas satu persatu supaya ga cepat rusak. Hal ini berlaku utk barang daganganku yg kebetulan emang ga dikemas satuan oleh penjual asalnya ya.
- Foto-foto. Dan edit2 dikit bila perlu.
- Bikin account dagangan di socmed2 dan tempat2 jualan lainnya. Untuk newbie macam aku, lumayan makan waktu tuh, musti bikin account2 baru mulai dari nol.
- Upload. Ini pun ga sesederhana yg ada di iklannya tokobagus. Terutama kalo internet connectionnya byarpet kayak di rumahku.
- Siapkan pembukuan sederhana. Walopun usahanya masih recehan, tetep perlu bikin pembukuan sederhana supaya ga terjadi pemakaian duit yg tidak pada tempatnya. Lagian, semua pemilik usaha pasti pengen nantinya usaha yg tadinya receh ini bisa jadi berkembang besar kan? Jadi, sebaiknya diusahakan tertib dari awal, supaya nanti klo omzet tiba2 melonjak, kitanya ga kebingungan ;) >> pengusaha olshop newbie yg sotoy dan idealis :p

Nah, itu tadi beberapa step, semoga ga ada yg terlupa. Aku sendiri, udah sampe step berapa? baru bikin account di beberapa media promosi (page FB, twitter, dan tokobagus), foto-foto, ukur dimensi, dan ganti label harga!!
Tantangan utamanya adalah: cari waktu luang untuk melakukan semua itu.

Kan aku kerja kantoran, masuk jam 7.30, pulang jam 16.00. Trus aku juga punya anak balita yg sangat aktif dan ceriwis, dan mbok-mbok'en banget. Kalo aku pulang kerja, dia ga bakalan mau terpisah dari aku barang sedetikpun.
Dan untuk disambi ngurus dagangan sambil main2 sama dia pun, rasanya susah jg. Kenapa? Karena anak segitu kan rasa ingin taunya sangat tinggi, jadi kalo liat emaknya "seru-seruan" ngerjakan sesuatu, dia pasti ikut2an. Dan yg dikhawatirkan adalah, udah kerjaan ga beres, eh dagangan -dan segala peralatan pendukung- malah jadi ga karu2an gara2 dimainin sama dia. Tambah rempong kan?

Nah, jadi, baru bisa mulai ngurus dagangan setelah dia tidur kan? padahal tidurnya lumayan malam, kadang jam 9, kadang jam 10, pernah juga lebih malam dari itu.

Sedangkan aku sendiri jg harus jaga kondisi karena lagi hamil.

Jadi ya udah deh, biasanya kalo si kakak tidur, aku juga ikut tidur :D

Besoknya, kan bangun sebelum subuh, nah, habis sholat, baru deh bisa ada waktu 1-2 jam buat urusan dagangan.

Tapi aku optimis, insyaAllah klo materi promosi udah jadi dan udah diupload, urusan selanjutnya -kirim2 pesanan- akan jauh lebih mudah.

Dan (sebagian dari) keribetan akan berulang lagi setelah datang stok berikutnya :D
Daann.. mm... sebenernya.. belum kebayang juga sih gimana nanti kalo si adik udah lahir >.<

Gpp lah,
Semangat semangat!!

No comments: