Friday 5 February 2010

ain't ato aren't?

dua hari lalu saya ngajarin adek bungsu yg masih kelas 5 SD tentang question tag.
di buku paketnya, ada contoh kalimat question tag seperti ini:
I am beautiful, ain't I?

saya setuju dengan buku itu, karena memang setau saya singkatan untuk "am not" adalah "ain't", tapi saya sedikit ragu2 karena kalo tidak salah ain't hanya boleh dipake secara informal.
tapi karena di bukunya seperti itu, jadi ya sud lah, saya ikutin aja.

besok malamnya, adek saya cerita sambil nunjukin buku tulisnya:
adek: kak, kata guruku, kita gak boleh pake ain't untuk nyingkat am not. soalnya itu bentuk tidak baku.
saya: iya, itu emang bentuk tidak baku. jadi am not nya gak boleh disingkat?
adek: bukan kak, kata guruku, question tag itu kalimat keduanya tetep harus disingkat.
saya: trus disingkat pake apa?
adek: pake aren't
saya: (diem dulu) kok aren't? aren't kan are not?
adek: iya, tapi khusus question tag, am not bisa disingkat jadi aren't.
saya: ah masa sih? udah kamu gak usah nyingkat deh, am not nya tulis am not aja.
adek: gak boleh kak, harus disingkat.

saya jadi makin bingung deh. apa emang bener kayak yg dibilang si bu guru itu ya?

2 comments:

Dodi Leksono S.TP, MM said...

he..he..itulah indonesia...saking pinternya or saking bingungnnya ya

putri mimpi said...

haha,, iya.. ribet ya, bahasa aja pake baku & tak baku segala..