Thursday 18 February 2010

Pakde Sakit

Pakde (kakaknya ayah) sakit.

sakitnya komplikasi, udah lama sih, diawali dari diabetes, darah tinggi, kolesterol, yang terus menjalar dan sekarang beberapa organ vitalnya sudah mulai kehilangan fungsi normalnya. beliau kena stroke, gagal ginjal, gagal paru2.
kalo datang menjenguk ke ICU, nggak tega rasanya, liat beliau terbaring dengan banyak selang berseliweran, termasuk salah satu selang yg lumayan besar dimasukin ke dalam mulutnya.

Dan yg lebih gak tega lagi, beliau harus terus di dalam ICU, yg itu berarti gak boleh didampingi oleh keluarganya setiap saat.

Kalo dia butuh apa2 gimana? suster kan beda sama keluarga.

trus siapa yg akan mengingatkan beliau untuk sholat? selama masih sadar & bernyawa, kan tetap wajib sholat, walopun cuma dengan isyarat. di dalam ruang ICU gak bisa bedakan siang ato malam. dan para suster itu gak mikirin yg kayak gituan.

Dan nanti, kalo misalnya Allah memang berkenan ngambil beliau saat masih berada di ICU ini, nanti waktu beliau sakaratul maut, siapa yg akan membimbing beliau untuk mengucapkan Lailahailallah? padahal itu adalah saat2 yg paling menentukan bagi setiap manusia (khususnya muslim) agar dia bisa meninggal dengan Khusnul Khotimah (eh, bener gak sih tulisannya? tau ah).
Tapi kemaren sepupuku (anak sulungnya pakde yg sakit) dan amiku (adeknya ayah) sudah bicara dengan dokter kepala mengenai masalah Khusnul Khotimah ini, dan alhamdulillah karena dokternya muslim juga, jadi dia bisa mengerti. dan dia berjanji akan mengatur masalah ini dengan suster jaga, supaya bisa diijinkan ada 1 orang yg mendampingi pakde setiap saat.
mudah2an dia menepati janji itu.

Ya Allah, tolong jaga pakdeku, kalo memang masih Kau beri jatah umur, tolong jaga supaya dia tetap sabar & ikhlas menjalani ujian ini. mudah2an bisa mengurangi dosa2nya yg telah lalu.

dan kapanpun Kau akan memanggil beliau, tolong jagalah supaya beliau bisa meninggal dalam keadaan yg baik, khusnul khotimah.

dan berikan kesabaran kepada kami keluarganya juga.
amin..

jadi pengen nangis lagi

No comments: