Thursday 7 June 2012

Biru ato putih?

Beberapa tahun lalu, di suatu program training ODP (Officer Development Program) di sebuah bank plat merah, kami memainkan suatu game yang judulnya biru atau putih.

Cara mainnya, kami sekelas (ada sekitar 27 orang, kalo ga salah) dibagi jadi 4 kelompok, sehingga masing2 kelompok terdiri dari 7 orang, kecuali satu kelompok yang hanya 6 orang. Kelompoknya diberi nama: 1, 2, 3, dan 4. Sedangkan instrukturnya berperan sebagai bandar yang bertugas memberi nilai pada kelompok peserta.
Seingat saya, saya ada di kelompok 4. Selanjutnya dipilih satu ketua untuk masing2 kelompok, di kelompok saya dipilih seorang teman bernama Max untuk jadi ketua.

Next, masing2 ketua akan bertugas sebagai delegasi untuk membawa kertas yang bertuliskan biru atau putih. Apa maksudnya biru atau putih? itu adalah pilihan kelompok.
Jadi kan di tiap2 kelompok akan mendiskusikan mau pilih warna biru atau putih, setelah itu hasil kesepakatannya ditulis di selembar kertas itu, trus masing2 ketua kelompok maju sambil bawa kertas tersebut.

Nah karena ga pake janjian dulu, tentunya tiap2 kelompok akan punya pilihan yang (bisa jadi) berbeda2 kan.. Pilihan tiap kelompok itu akan berdampak pada nilai yang didapatkan.

Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi dan nilai2 yg akan didapatkan adalah seperti ini:
1. keempat kelompok sama2 pilih biru = nilai -10 untuk masing2 kelompok
2. keempat kelompok sama2 pilih putih = nilai +10 untuk masing2 kelompok
3. 1 kelompok putih, 3 kelompok biru = yg putih -30, yg biru masing2 +10
4. 2 kelompok putih, 2 kelompok biru = yg putih masing2 -10, yg biru masing2 +10
5. 3 kelompok putih, 1 kelompok biru = yg putih masing2 -10, yg biru +30

aturannya: kumpulkan nilai sebanyak2nya.

Kebayang kan?
Jadi karena ga pake janjian, otomatis kelompok yg pengen menangnya sendiri akan pilih biru, karena ga mau kena nilai minus (dengan asumsi bahwa teman2 kelompok lain juga pasti pilihnya biru, bukan putih, kan semua pengen menang!).
gimana kalo semua biru? berarti sama2 dapet minus kan? iya, gpp yang penting kan ga minus sendirian. kira2 seperti itu cara pikirnya.

Padahal sekiranya masing2 kelompok itu mau berpikir positif terhadap kelompok lainnya, tentu semua akan memilih putih, karena hanya dengan memilih putih lah kita bisa sama2 dapat nilai positif, tanpa menjatuhkan kelompok yang lain. Itu yang dinamakan win win solution, dan itulah yang sebenarnya menjadi goal dari game ini. Kenapa?
Masih ingat aturan mainnya? KUMPULKAN NILAI SEBANYAK2NYA.

Yang dimaksud disini adalah nilai total yang didapatkan peserta dari bandar (kumulatif dari seluruh kelompok). Coba kita hitung lagi berapa nilai total yang didapatkan peserta dari bandar, untuk masing2 kemungkinan yg ada:
1. keempat kelompok sama2 pilih biru = nilai -10 untuk masing2 kelompok --> total -40
2. keempat kelompok sama2 pilih putih = nilai +10 untuk masing2 kelompok --> total +40
3. 1 kelompok putih, 3 kelompok biru = yg putih -30, yg biru masing2 +10 --> total 0
4. 2 kelompok putih, 2 kelompok biru = yg putih masing2 -10, yg biru masing2 +10 --> total 0
5. 3 kelompok putih, 1 kelompok biru = yg putih masing2 -10, yg biru +30 --> total 0

Nilai terbanyak yang mana? yang kemungkinan ke 2 kan? yaitu semua kelompok memilih warna putih.Jadi sebenarnya tujuan dari game ini adalah agar semua kelompok kompakan pilih warna putih, sehingga semua dapat nilai positif dan bisa mengalahkan bandar. (Dan waktu itu yg terjadi adalah di akhir game baru pada ngeh: oowwhh.. berarti maksud game nya ini peserta vs bandar ya? kirain peserta vs peserta ^.^)

Seperti itulah yang kita alami dalam kehidupan sehari2. Kadang sesama teman saling menjatuhkan, bahkan sesama tetangga, saudara, sahabat, dsb dst, padahal kita bukan musuh, harusnya kita saling membantu untuk mencapai tujuan bersama kan?
Pada dasarnya, win win solution bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan, kita semua pun tahu cara mainnya, hanya perlu berpikir positif dan bertindak positif, tidak menaruh curiga, dendam, apalagi egoisme atau ingin menjatuhkan orang lain demi keuntungan diri sendiri. Percaya deh, sama2 dapat nilai positif itu jauh lebih enak ketimbang sama2 dapat nilai minus.

3 comments:

Setiawan Arif said...

Whuaaa msh inget aja game itu dan detil2nya.aku dah lupa:)
Tulisan yg bagus!

Anonymous said...

Aqqq agak inget nuyil...hehehehehe....kog kmyu tb2 nulis ttg gme ini?kangen akuhh ya...#hadeh...anyway...i salute you!

putri mimpi said...

setiawan arif: hehe.. iya aku inget banget ^.^ makasiyy
anonymous: iya aku kangen jaman odp dulu.. hihi :p makasiy.. i salute u too