Wednesday 8 January 2014

Dilema BPJS

Di awal Januari 2014 ini, facebook dan twitter banyak diwarnai dengan "keluh kesah" para tenaga kesehatan. Tentang apa lagi kalo bukan BPJS dan teman2nya.

Well, sebenarnya rencana BPJS sudah banyak di sebut-sebut di berbagai media massa sejak jauh2 hari. Yg katanya jaminan pelayanan kesehatan untuk semua lapisan masyarakat lah, yg katanya semua bisa dilayani dg premi murah -bahkan gratis utk yg tidak mampu- lah, dan berbagai janji manis lainnya.
Masalahnya, info yg disampaikan cuma sebatas kulit, ga mendalam. Apalagi info teknis pelaksanaan, setauku ga ada sosialisasi sama sekali deh ke masyarakat.

Apa? mungkin aku-nya aja yg ga update info?

Bisa jadi sih.

Tapi,, bulan Desember kemarin, aku datang ke Askes center untuk mengurus kartu askes buat anakku (si kakak, yg umurnya udah 2 tahun lebih ^^).
Di kunjunganku itu, aku juga tanya2 tentang penggunaan askes untuk kelahiranku yg kedua, yg rencananya nanti sekitar maret 2014.
Si mbak ngasih penjelasannya ya standar askes biasanya aja, ga ada nyinggung2 perubahan yg mungkin terjadi krn bpjs.

Trus aku ke RS husada utama, RS swasta sih itu, tapi dia kerjasama dg askes.
Di situ aku tanya fasilitas kelahiran apa aja yg bisa didapat kalo lahiran pake askes.
Masnya jelasinnya jg biasa aja, ga ada nyinggung2 bpjs.
Trus aku tanya apa ga ada perubahan prosedur / layanan, soalnya kan tahun 2014 bakal jadi bpjs? eh mas nya jawab "belum tau, belum ada sosialisasi."
jyaahh.. jadi bukan cuma aku ya yg kudet info..

Padahal tanya jawab itu kan terjadinya udah di akhir tahun 2013, harusnya saat itu semua instansi kesehatan yg terkait dg BPJS udah paham betul donk masalah teknis dan non teknisnya, secara pelaksanaannya udah deket banget kan.
Dan dari pihak penyelenggara (BPJSnya sendiri) harusnya udah sosialisasi kemana2 donk, teknis prosedur layanan dan hal2 terkait lainnya, supaya ga keteteran di awal pelaksanaannya gini.
Dan supaya ga terjadi hal-hal semacam ini:
http://imani-prokami.org/dok-saya-dipulangkan-dari-rumah-sakit/

Bukan apa-apa sih, kalo untuk kalangan yg di back-up dg asuransi swasta (seperti aku, misalnya, ada back up asuransi swasta dari kantor suami), mungkin ga terlalu ribet dg urusan BPJS ini.
Prinsipnya kan: kalo BPJS ribet, tinggal pilih yg swasta aja, lebih simpel, nilai pertanggungannya lebih besar pula :p

Tapi untuk orang2 yg tergantung sekali dg jaminan kesehatan dari pemerintah, tentu ga ada pilihan lain, mau gak mau harus ikut berkompromi dg keribetan ini.
Misalnya aja, mbok har - pembantu di rumahku. Dia kan selama ini pake jamkesmas. Dengan jamkesmas sih, dia bisa berobat dengan gratis-tis di RS pemerintah dekat rumah. Dan lumayan mudah (menurut dia).
Nah entah deh, dg bpjs ini apa urusan berobatnya bisa makin gampang atau malah ruwet. Kalo jadi ruwet pun, dia ga ada pilihan lain, krn untuk orang2 seperti dia, berobat dg biaya sendiri jg lumayan bikin tongpes.
Sabar ya mbok! Moga2 kondisi riilnya ga seruwet yg diceritakan orang2.