Thursday 12 July 2012

De-motivator

Salah satu agenda yang selalu saya lakukan setiap hari adalah online twitter, walaupun dengan follower yang hanya sekitar 60-an dan saya pun jarang ngetweet. Yang saya sukai dari twitter adalah banyaknya account-account yang bermanfaat untuk difollow, misalnya account para motivator.

Motivator yang paling banyak saya follow di twitter tentunya adalah motivator bisnis, dan terbukti mereka belum sepenuhnya berhasil memotivasi saya untuk meninggalkan dunia karyawan dan beralih ke bisnis, buktinya sampe sekarang saya masih aja ngaryawan, hehe.. Tapi ya gitu lah, walopun saya tidak sepenuhnya sependapat, tapi tweet2 mereka lumayan menyenangkan untuk dibaca daripada account2 galau ga jelas.

Nah, hari ini saya agak emosi dengan salah satu account motivasi bisnis, sebut saja namanya @nomention (bukan nama sebenarnya) *kok jadi mirip berita kriminal ya, hehe*..
Ini adalah isi timeline si @nomention yang udah bikin saya bete:
- Lagi di bandara, teringat kejadian beberapa hari lalu saat mau ke palembang semua tiket habis, untung terselamatkan oleh calo :)
- Saat itu dari jam 10 pagi sudah tiba dibandara, nyari2 tiket buat ke palembang ga ada, padahal besoknya harus ngisi training
- Semua maskapai penerbangan tiketnya habis, ribuan pejuang dikerahkan untuk bantu cari tiket tapi ga berhasil :)
- Puluhan calo didatengi tapi ga ada satupun yang punya, bahkan beberapa calo bilang ; kalaupun dikasih 5jt dia ga sanggup cariin
- Saat itu sampai jam 2 siang masih belum dapet tiket,sempat terpikir buat ke jambi dulu terus nanti lanjut pake travel, katanya sekitar 7 jam
- Sekitar jam 2.30 saat lg nunggu di loket salah satu maskapai berharap ada yg cancel tiba2 ada yang datengin, dia nawarin tiket :)
- Dia ajak kami ke salah satu tempat makan di bandara, di situ dia keluarkan semua tiket penerbangan ke palembang :)
- Rupanya orang ini bandar calo, mungkin master franchise nya calo kali ya, hehehe
- Dia nawarin tiket ke palembang 3jt padahal harga normal sekitar 400-500 ribuan :)
- Cuma hebatnya dia bilang nanti dianter sampai ke pesawat :) , rupanya dia kerjasama dengan orang dalam.
- Karena ga ada pilihan lain akhirnya kami beli tiket itu 3jt/tiket dan kami beli 2
- Selang beberapa menit tiba2 datang orang dgn pakain dinas salah satu maskapai penerbangan, dia bilang nanti dia yg akan antar ke pesawat
- Nah, si bandar calo ini bilang nanti bayarnya di pesawat aja, kaya naik bis aja ya :)
- Kami dapet penerbangan yang jam 16.05 dan sekitar jam 15.45 sesuatu yang menarik mulai terjadi, mau tau?
- Nah sekitar jam 14.45 itu tiba2 banyak calo bermunculan nawarin tiket lebih murah mulai dari 2,5jt sampe hanya 600ribu :)
- Semakin deket ke waktu pemberangkatan calo2 ini makin sibuk menawarkan tiket dengan harga yg lebih murah
- Puluhan calo menghampiri kami dan menawarkan tiket lebih murah, karena mereka tau kalau dari pagi kami cari tiket ke palembang
- Kami pun berbincang dengan si bandar calo ini tentang potensi bisnis calo tiket yg dia kerjakan :)
- Rupanya dia dapat informasi dari networknya kalau penerbangan ke palembang trend penumpangnya lagi naik karena ada event di palembang
- Dari informasi itu dia beli sekitar 20 tiket x sekitar 400 ribu an = 8juta an, berarti modal dia 8jt an :)
- Satu tiket dia jual 3 juta, artinya jual 3 tiket aja dia sudah balik modal dan profit 1 juta :)
- Saat kami beli tiket ke dia, tiket yang tersisa 4 tiket dan yang kami beli 2 tiket artinya laku 18 tiket,18 x 3 juta =54 juta,wuihh sedap :)
- Artinya omset 54 juta - modal 8 juta = net nya 46jt an, jika share 50:50 dengan network dia yg orang dalam itu masing2 dapet 23jt an :)
- Diluar praktek percaloan itu boleh atau tidak tapi secara hitungan bisnis menggiurkan :) 


Baca timeline nya itu, saya jadi beranggapan si @nomention ini secara tidak langsung sudah mengilhami orang untuk bisnis calo, walaupun dia tidak secara eksplisit ngomong begitu.
Secara saya termasuk yang anti dengan percaloan, maka saya ungkapkan lah tanggapan saya (yang lumayan pedas) kepada yang bersangkutan.
Setelah itu saya unfollow dia.
Selesai.

Udah sih, sebenernya cuma mau cerita itu aja,, :) abis kesel, apa2an tuh, motivator bisnis kok ngomongnya kayak gitu. Walaupun dia tidak secara eksplisit menyarankan kita untuk buka bisnis calo, tetep aja kan dengan gaya kultweet nya itu bisa2 orang salah paham dan langsung ambil kesimpulan kalo bisnis calo itu oke. Emangnya dia bisa menjamin kalo semua orang mau baca kultweetnya dia secara utuh sampe habis? Bisa aja kan baca cuma sepotong2 trus langsung pada bikin kesimpulan?
Jadi ya, buat yg pada demen maen twitter, yuk kita lebih selektif lagi dalam memfollow dan menyerap informasi, karena kebebasan berekspresi bener2 udah membuat sampah2 juga bebas berkeliaran mengotori hidup kita. *apasih.. hehe

No comments: